Gubernur Sulsel Ajak Masyarakat Kembalikan Literasi Budaya Membaca Al Qur’an

17
Gubernur Sulsel Ajak Masyarakat Kembalikan Literasi Budaya Membaca Al Qur'an

BERANDANEWS – Makassar, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengajak kepada seluruh warga untuk mengembalikan literasi dan budaya terdahulu dalam membaca Al Qur’an  yang saat ini mulai pudar.

“Bagaimana dulu masyarakat kita mau menikah selalu ada literasi harus mengaji dulu dan itu menjadi dasar dan fundamental bagi kita semuanya. Ini harus digerakkan kembali,” kata Andi Sudirman saat membuka kegiatan Sinergi, Energi dan Resonansi (SER) Ramadhan 1443 Hijriah secara virtual, di Makassar.

Kegiatan yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan ini menghadirkan peserta dari guru agama, kepala sekolah serta tenaga pendidik dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) se-Sulsel dan para kepala cabang dinas pendidikan kabupaten kota yang dihadiri secara Hybrid.

Gubernur termuda di Indonesia ini pun mendorong agar mengembalikan literasi Al Qur’an sebagai dasar dan pedoman dalam kehidupan.

“Khususnya kepada anak-anak kita. Sehingga memiliki dasar yang kuat dan bisa menjadi imam-imam dalam keluarganya dan ini menjadi wadah kita dalam menimba pahala untuk Insya Allah di hadapan Allah kelak,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Gubernur Andalan ini juga menegaskan upaya tersebut juga sebagai bentuk implementasi dari program Pemprov Sulsel 1 Hafidz 1 Desa yang tertuang dalam Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sulsel 2018-2023.

Ia pun menilai bulan ramadan ini menjadi momentum yang tepat bagi masyarakat dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhana Wa Ta’ala dan juga untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. (*)