Gowa kembali raih Penghargaan Nasional Pelayanan dari Ombudsman RI

86

Berandasulsel.com- Jakarta, Gowa kembali dianugerahi predikat kepatuhan tinggi penyelenggaraan standar pelayanan publik dari Ombudsman RI dengan nilai 91,27 atau berada pada zona hijau. Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten Gowa, Alimuddin Hakim.

Capaian tersebut merupakan hasil penilaian Ombudsman RI pada delapan perangkat daerah yakni DPMPTSP, Disdukcapil, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perhubungan, Bakesbangpol dan Dinas Peternakan dan Perkebunan.

Menurut Alimuddin, Ombudsman telah melakukan survei sejak Juli 2019 kemarin dengan melihat tiga aspek utama yang menjadi penilaian yaitu standar pelayanan publik, sarana dan prasarana, dan pengelolaan pengaduan.

“Alhamdulillah pelayanan publik Gowa sudah berada pada zona hijau. Artinya ini sudah sangat baik, kami selalu melakukan pendampingan karena ketiga aspek tersebut harus ada pada delapan OPD yang dilakukan penilaian” ungkapnya, di Grand Ballroom Js Luwansa Said Jakarta, Rabu (27/11) malam.

Kabupaten Gowa salah satu penerima penghargaan dari 72 kabupaten/kota se-Indonesia, sedangkan di Sulsel hanya delapan kabupaten/kota yang meraih penghargaan dari Ombudsman ini. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang menerima langsung penghargaan mengungkapkan jika keberhasilan yang diraihnya ini tak lepas dari peran SKPD Pemkab Gowa serta masyarakat.

“Alhamdulillah ini penghargaan ke 94, Pemkab Gowa kembali meraih penghargaan nasional, kali ini diberikan Ombudsman RI atas pelayanan publik yang semakin membaik. Ini tak lepas dari kerjasama seluruh SKPD dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Gowa,” kata Adnan.

Ombudsman RI menganugerahkan penghargaan Predikat Kabupaten/Kota Tertinggi Terhadap Standar Pelayanan Publik sesuai dengan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 kepada Pemerintah Kabupaten Gowa.(*)