Festival Kebudayaan Tradisional dan Kontemporer Gau’ Maraja

Berandasulsel.com – Makassar, Festival kebudayaan tradisional dan kontemporer Gau’ Maraja yang digelar Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulsel, mengangkat tema mozaik budaya jalur rempah nusantara di Pantai Akkarena, Tanjung Bunga, Makassar.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah seniman lokal dari berbagai sanggar seni di Kota Makassar, yang digelar selama dua hari.

Kepala BPNB Sulsel, Andi Syamsul Risal mengatakan kegiatan ini akan diisi pertunjukan tari kolosal, teater, seni lukis, pertunjukan seni, festival kuliner, seni instalasi, penghargaan Gau’ Maraja, lomba foto dan video, lomba murah, dan festival permainan rakyat.

“Kita berupaya untuk memberikan ruang eksperesi bagi anak muda khususnya seniman yang ada di Sulsel yang difasilitasi langsung Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ucap Syamsul usai pembukaan acara.

Direktur Kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Chrystriyati Arini, yang menabuh gong menandakan acara dimulai, Jumat (30/10).

Acara pembukaan diisi tari kolosal cerita perjalanan tokoh bernama Daeng Parewa dalam pelayarannya menyusuri jalur rempah dimulai dari pantai Bira, Bulukumba menuju Buton, Selayar, hingga kembali berlabuh di pesisir Makassar. Dalam setiap daerah yang disinggahi, Daeng Parewa banyak mendapat pelajaran hidup, ragam budaya sampai bagaimana rempah-rempah begitu diagungkan.

Berbeda dari tahun sebelumnya yang digelar di Center Point of Indonesia pada 2019 lalu. Kegiatan menerapkan protokol kesehatan mengingat kondisi COVID-19 untuk mencegah penularan dan penyebaran virus berbahaya. Seluruh pengunjung Gau’ Maraja akan dicek suhu tubuh, diharuskan cuci tangan, disemprot disinfektan, tetap pakai masker dan jaga jarak.

Selain bisa disaksikan langsung, pihak penyelenggara Gau’ Maraja juga menayangkan secara langsung kegiatan ini melalui kanal YouTube bpnbsulsel dan Instagram @bpnbsulsel.(*)