Festival F8 sebagai Keunggulan Kota Makassar

Berandasulsel.com – Makassar, Gelaran Internasional Eight Festival and Forum yang populer disebut Festival F8 tahun 2019 secara resmi dipentaskan di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, pada Jumat (11/10/2019) malam.

Hadir dalam acara tersebut mantan Walikota Makassar dan inisiator F8, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dalam sambutanya menyampaikan kegiatan F8 kolaborasi beberapa event yang mampu menggaungkan keunggulan Kota Makassar.

“Seperti tahun tahun sebelumnya pada festival ini, mulai Fusion Music, Fashion, Film, Fine Art, Fiction Writers & Font, Food & Fruit, Folk dan Flora & Fauna. Semuanya mengangkat hal yang tradisional atau khas lokal. Menggabungkan beberapa item yang berkolaborasi dari 8 event,” ujar Danny.

Menurut Danny, meskipun tak mendapat dukungan dari pemerintah daerah, namun dia akan tetap berkomitmen bersama pihak swasta untuk menjaga dan melaksanakan kegiatan F8 setiap tahun. Selain itu, F8 bukan hanya sekadar seremoni belaka, melainkan kegiatan yang mampu memperkenalkan Kota Makassar hingga pelosok negeri. Bahkan sampai mancanegara.

Diketahui Kementrian Pariwisata telah menetapakan F8 masuk kalender nasional Wonderful Indonesia. Tujuannya F8 merupakan ajang promosi keunggulan Kota Makassar agar selalu memperkenalkan keunggulan yang ada di kota ini ke posok negeri.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI Tafsir mengatakan, Makassar merupakan salah satu penyumbang terbesar kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Apalagi, dengan menggelar event F8 akan mampu mendongkrak perekonomian dan kunjungan wisata domestik dan internasional. Selain itu, Kementerian Pariwisata berkomitmen mendukung event ini, bahkan dia menyebutkan sangat luar biasa dibandingkan keguatan event lain di Indonesia.

“Event ini mempromosikan keunggulan Makassar dari berbagai sektor, dimana menarik kunjungan pariwisata baik domestik maupun internasional, dan kami membandingkan banyak kegiatan di Indonesia, tapi ini terbaik. Apalagi, lokasi strategi dengan design yang begitu indah,” ujar Tafsir.

Kegiatan F8 juga diwarnai berbagai atraksi penampilan musikal lokal, tarian serta lagu-lagu bernuansa tiap daerah. Belum lagi penampilan para fashion. Di area panggung utama banyak menu ciri khas Makassar untuk pengunjung.(*)