Fenomena Bebek Berkaki Empat di Gowa

77

Berandasulsel.com – Gowa, Seekor anak bebek yang baru menetas menjadi perbincangan di Kabupaten Gowa, pasalnya bebek berkaki empat di Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Bebek milik Widiarto itu memiliki postur tubuh yang memang unik, selain empat kaki, juga memiliki dua lubang anus.

Bebek ini baru saja menetas, pada malam jumat, 6 Desember 2019 lalu. Widiarto mengetahui ada satu diantara beberapa bebeknya memiliki empat kaki saat hendak dipindahkan dari tempat pengeraman ke kandang.

“Jadi menetas tepat malam jumat. Sekitar pukul 23:00 malam. Kakinya ada empat, juga dua pantat dan anusnya,” kata Widiarto, Senin, 9 Desember 2019.

Bebek itu dierami menggunakan mesin inkubator, sebuah alat penetas semi manual. Saat menetas, bibit bebek itu langsung muncul dengan kaki empat dua pantat seperti kembar siam.

Dia mengatakan anak bebek unik miliknya itu saat ini sehat. Dia berharap agar bisa tumbuh besar dan menjadi bebek unik yang memiliki daya tarik.

“Semoga ini bisa besar dan menjadi daya tarik di Indonesia terutama para peternak di kabupaten Gowa. Kalau ini besar pasti unik,” tambahnya.

Dikonfirmasi, Dokter Hewan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa, Drh. Widodo menilai bahwa itu adalah hal yang lumrah terjadi. Dimana saat pembuahan terdapat dua sperma bebek jantan membuahi satu sel telur bebek betina.

“Fenomena ini bisa saja terjadi karena kelainan proses saat pembelahan embrio telur. Ibaratnya bebek tersebut kembar tapi tidak sempurna, tandanya ya itu dengan jemari kaki yang lebih dari jumlah normal,” terang Drh. Widodo. (*)