F8 2019 tak akan Libatkan Pelajar

Berandasulsel.com – Makassar, Jelang event Makassar International Eight Festival and Forum alias F8 akan dihelat 11-13 Oktober mendatang, sejumlah persiapan telah dilakukan termasuk kesiapan Pemerintah Kota Makassar.

Berbeda pada pelaksanaan F8 sebelumnya, dimana banyak melibatkan pihak sekolah sebagai panitia maupun pengunjung, tapi untuk tahun ini hal tersebut tidak diperbolehkan lagi.

Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Samad Suhaeb, bahkan telah melayangkan imbauan larangan kepada pengelola pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk mobilisasi guru dan peserta didik guna memeriahkan event F8 yang akan digelar Centrepoint of Indonesia (CoI). Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Abdul Azis Hasan mengungkapkan bahwa F8 2019 diserahkan sepenuhnya oleh pihak swasta dan bukan pemerintah.

“Kita merujuk imbauan Pak Pj Wali Kota, agar guru dan peserta didik untuk tidak dimobilisasi. Karena memang ini sepenuhnya dilaksanakan oleh pihak swasta,” kata Azis, namun tidak larangan untuk menghadiri F8 secara personal atau pribadi. Menurutnya, bila berkaitan dengan pribadi maka hal itu diperbolehkan”.

Sementara itu Direktur Utama PT Festival 8 Indonesia Sofyan Setiawan menanggapi larangan tersebut, memang tidak mengajak pemerintah kota untuk terlibat.

“Kegiatan F8 ini, mulai dari konten dan segala macam memang tidak melibatkan secara masif (pemerintah kota) termasuk anak anak seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Sofyan, imbuhnya. (red)