Disnaker Bantaeng dan BLK gelar Pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian Kopi

128

Berandasulsel.com – Bantaeng, Pelatihan Berbasis Masyarakat (MTU) Kejuruan Processing Bidang Keahlian Pengolahan Hasil Pertanian (Pengolahan Kopi) yang digelar Balai Latihan Kerja (BLK) Bantaeng bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian membuka Pelatihan Berbasis Masyarakat (MTU) Kejuruan Processing Bidang Keahlian Pengolahan Hasil Pertanian (Pengolahan Kopi), berlangsung selama 10 hari sejak Kamis (17/10) sampai (3/11) mendatang.

Sebanyak 17 peserta terdiri dari wirausahawan dan calon wirausahawan baru yang bergerak di bidang kopi baik dari pemilik warung maupun kedai kopi serta dari produsen kopi dan penikmat kopi disekitar Kecamatan Tompobulu dan Kecamatan lainnya di Kabupaten Bantaeng.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Bantaeng Andi Irvandi Langgara mengatakan pelatihan pengolahan pertanian ini merupakan program Pemkab Bantaeng untuk mendukung visi dan misi Bupati dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu menurutnya dengan pelatihan ini dapat mengembangkan kualitas barista dan pengolah kopi oleh pelaku IKM

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kemampuan dari peserta pelatihan sehingga menjadi barista – barista dan pengolah kopi yang baik, serta meningkatnya kuantitas produksi kopi bubuk yang bisa diproduksi oleh pelaku IKM kopi,” tegas Andi Irvandi.

Pelatihan ini diisi oleh instruktur yang berpengalaman di bidangnya dan telah memiliki sertifikat. Turut hadir dari BLK Bantaeng Andi Menceng, Lurah Banyorang Muhammad Anwar, Staf Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Bantaeng, Andi Lukman Agung, Doni Setia Nugraha, Masyhuri, Asia, dan Tajuddin. (*)