Dishub kembali akan tindak Tegas Pak Ogah

103

Berandasulsel.com – Makassar, Keberadaan Pak ogah di ruas jalan untuk “mengatur” lalulintas dianggap meresahkan banyak pengguna jalan. Meskipun sudah beberapakali ditertibkan. Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel bersama stakeholder terkait telah melakukan penertiban Pak Ogah pekan lalu. Aksi pak Ogah memanfaatkan pembelokan (u-turn) untuk menyeberangkan kendaraan justru masih marak.

Salah satunya seperti yang terpantau di Jalan Urip Sumoharjo dan jalan Letjen Hertasning, yang baru saja ditertibkan. Deretan pak ogah di area u-turn kembali turun ke jalan. Sementara Di Jalan Perintis Kemerdekaan pun juga demikian. Aktivitas pak ogah di sepanjang u-turn juga terlihat aktif. Meskipun, ada yang ditangkap akan tetapi yang masuk adalah orang baru lagi.

Tak adanya penindakan tegas dari aparat terkait perihal ini, Plt Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Fahlevi Yusuf, mengatakan, dia akan berkomunikasi dengan pihak kepolisian, jika Dinas Sosial tak bertaji. Jika hanya pembinaan, dia menganggap tak ada efek jeranya. Apalagi kalau hanya surat pernyataan.

“Kalau cuma pembinaan setelah keluar dia kerjakan lagi. Karena itukan mata pencaharian mereka. Harus ada efek jera, yang membuat mereka tak kembali bekerja,” jelasnya.

Untuk solusi jangka pendek pihaknya juga akan mengurangi keberadaan u-turn. Sementara pihaknya mengkaji pemangkasan jumlah u-turn baik di jalan nasional, provinsi, hingga jalan milik Pemkot Makassar.(red)