Disdukcapil Makassar terapkan Tanda tangan Elektronik di dua Dokumen

Ilustrasi

Makassar, Berandasulsel.com, Tanda tangan elektronik yang sebelumnya hanya diterapkan di enam jenis dokumen. Diantaranya, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian, surat pindah, akta pengakuan anak dan akta pengesahan anak. Namun Tanda tangan elektronik (TTE) kali ini telah diterapkan di dua dokumen administrasi kependudukan. Keduanya yakni akta perkawinan dan akta perceraian.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady mengatakan,”Mulai Kamis 19 September kemarin kita telah menambahkan layanan tanda tangan elektronik pada dokumen administrasi kependudukan yaitu akta perkawinan dan akta perceraian,” kata Aryati.

Selain itu, penerapan tanda tangan elektronik ini merupakan inovasi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri. Dasarnya merujuk pada Permendagri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring.

“Diharapkan dengan adanya penerapan ini dapat mempercepat proses pengurusan administrasi kependudukan Pemerintah Kota Makassar. Sebab, pejabat terkait bisa langsung melakukan tanda tangan elektronik berbarcode yang sudah terhubung dengan server Dukcapil. Pengesahan dokumen kependudukan masyarakat tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan tanda tangan dari pejabat terkait. Tidak hanya itu, tanda tangan itu sulit untuk dipalsukan,” tegasnya.(red)