Disbudpar Maros Gelar Sosialisasi Undang Undang Kebudayaan

Berandasulsel.com – Maros, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros menggelar Sosialisasi Undang Undang Nomor 5 Tahun 2017, Rabu, 25 September di Grand Town Hotel Batangase Kabupaten Maros. UU Nomor 5Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan ini, dalam rangka melindungi, memanfaatkan, dan mengembangkan kebudayaan Indonesia, UU ini merupakan gagasan antarkementerian, yang dipimpin oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala Seksi Cagar Budaya dan Museum Daerah Dinas Kebudayaan dan PariwisataKabuoaten Maros, Burhan Jaya mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan informasi peserta tentang kemajuan kebudayaan.

“Tujuannya agar peserta dapat menginformasikan ke masyarakat luas, khususnya para siswa. Serta menumbuhkan keinginan nilai budaya,
meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kebudayaan, selain itu dengan adanya sosialisasi Undang Undang ini, kata dia, diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan siswa ke museum daerah” kata Burhan.

Ditambahkan pula, bahwa sosialisasi undang-undang ini perlu dilakukan, sebab masih banyak orang yang belum mengetahui perihal pemajuan kebudayaan di daerah, khususnya di Maros. Selain untuk memperkenalkan museum di kalangan pelajar, sehingga dalam sosialisasi ini kita mengundang tokoh pendidikan dari beberapa sekolah untuk mensosialisasikan undang-undang Nomor 5 tahun 2017.

Kabupaten Maros dikenal memiliki sejumlah peninggalan budaya dan peninggalan pra sejarah dan menunjukkan Maros merupakan salah satu daerah tertua yang ada dan telah memiliki peradaban dan kebudayaan tersendiri. (red)