Data Sementara BPBD Sulbar, 43 orang meninggal Akibat Gempa 6,2 Magnitudo

35

Berandasulsel.com – Mamuju, Gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang Sulawesi Barat pada Jumat (15/1) dini hari mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia, ratusan orang luka-luka dan ribuan orang mengungsi.

Dari proses evakuasi terhadap dampak gempa di Kota Mamuju, tim masih melaksanakan upaya penyelamatan di beberapa titik reruntuhan. Sejumlah korban berhasil dievakuasi baik yang selamat maupun korban yang meninggal dunia di wilayah Kota Mamuju.

Seluruh korban yang berhasil ditemukan langsung dievakuasi di Rumah Sakit di Kota Mamuju. Bagi yang selamat mendapat perawatan. Begitupun meninggal dunia, jenazahnya sudah dibawa oleh keluarganya.

Adapun kendala pencarian dan evakuasi korban dilokasi reruntuhan yang didapatkan, struktur beton yang sangat besar sehingga menyulitkan tim untuk mengevakuasi.

Sementara untuk data sementara dari BPBD Sulawesi Barat, dilaporkan ada 43 korban meninggal dunia berhasil dievakuasi, masing-masing Mamuju 34 orang dan Majene 9 orang. Sementara korban luka-luka sebanyak 826 orang, masing-masing 189 dari Mamuju dan 637 dari Majene.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Provinsi Sulawesi Barat, Darnomajid, data itu berdasarkan laporan pertanggal 15 Januari 2021. Saat ini tim evakuasi kata Darnomajid, masih terus melakukan evakuasi terhadap bangunan yang terdampak gempa.

“Data sementara, dan masih berpotensi bertambah karena tim masih melakukan evakuasi,” ungkapnya.

Untuk menghindari gempa susulan, sebanyak 16.000 orang mengungsi ke tempat ketinggian yang dianggap lebih aman.(*)