Cegah Banjir, Pemkot Makassar akan Bangun Kolam Retensi di Hertasning

Cegah Banjir, Pemkot akan Bangun Aquapond di Hertasning

Berandasulsel.com – Makassar, Kolam retensi atau aquapond bertujuan untuk membantu penanggulangan banjir terkhusus di Kota kota besar, untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kota Makassar berencana membangun Aquapond di Lapangan Hertasning pada 2020 mendatang.

Pembangunan Aquapond direncanakan mulai pada Mei 2020. Pembangunan Aquapond di Lapangan Hertasning, dimana sebelumnya pihak Provinsi Sulsel telah membangun teknologi serupa di depan Kantor Gubernur Sulsel.

Pembangunannya akan menggunakan anggaran pokok 2020 dan akan ditetapkan November mendatang.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air dan Drainase Dinas Pkerjaan Umum, Muh Fuad Azis, mengatakan, pembangunan Aquapond akan ditetapkan anggaran pokok 2020 mendatang. Jika anggarannya mencukupi, maka pembangunan akan langsung dilakukan. Namun jika tidak mencukupi, maka pemerintah hanya akan membuat kolam penampungan atau kolam retensi.

“Pembangunan Aquapond rencananya di Lapangan hertasning. Dan kita akan lihat anggaran kita nanti, apakah bisa membuat Aquapond. Kalau tidak, kita akan buat kolam penampungan atau kolam retensi, kalau kita perkirakan, anggarannya bisa Rp10 miliar hingga Rp12 miliar,” jelas Fuad.

Letak Aquapond ini sendiri akan dibangun di bawah tanah, tepat di sisi samping Lapangan Hertasning atau di sepanjang taman lapangan tersebut.(*)