Calon Ketua Umum Dekopin Mengemuka

Berandasulsel.com – Makassar, Musyawarah Nasional (Munas) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) yang berlangsung 11 – 14 November 2019, di Hotel Claro Makassar.
Munas Dekopin akan dibahas berbagai agenda strategis organisasi Dekopin dan program pengembangan gerakan koperasi dimasa kini dan mendatang. Salah satu agendanya adalah pemilihan ketua umum untuk lima tahun kedepan.

Acara pembukaan berlangsung di Ballroom Pinisi, Senin (11/11/2019) malam, dengan dihadiri ratusan peserta dari Dekopinwil dan Dekopinda se-Indonesia.

Pembukaan turut dihadiri Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika, Ketua Umum Dekopin HM Nurdin Halid, dan beberapa tamu penting lainnya.

Menariknya, sebagai Ketua Umum, Nurdin Halid (NH) yang selama dua periode menduduki posisi tersebut kini mendapat penantang yang tak lain adalah politisi Partai Golkar. Yakni Fadel Muhammad, yang juga kini tercatat sebagai wakil ketua MPR Periode 2019-2024, menyatakan sikapnya maju pada pemilihan ketum.

Pada pemilihan ketua Dekopin, pemilik suara sebanyak 430. Berasal dari Dekopinda kabupaten, 34 dari provinsi dan 60 dari induk koperasi. Dalam aturan atau AD ART Dekopin pasal pimpinan diatur 5 tahun periode dan maksimal 2 kali berturut-turut. Maka bisa dipastikan Ketua Umum, Nurdin Halid sekarang dipastikan tak dapat lagi mencalonkan diri sebagai ketua umum berikutnya.

Sementara itu, juru bicara NH, Muhammad Risman Pasigai mengatakan tak masalah bagi NH jika ada calon lain yang hendak maju di Munas Dekopin. Kata dia, forum munas terbuka bagi semua kader yang ingin menjadi calon.

”Bapak NH sangat mengapresiasi kalau memang Bapak Fadel Muhammad ingin maju dan berkompetisi di Munas Dekopin,” ujar Risman yang juga juru bicara Golkar Sulawesi Selatan ini. (*)