Cabang Olahraga Panjat Tebing siapkan 2 atlit terbaiknya menghadapi PON XX di Papua

119

Berandasulsel.com – Makassar, Cabang olahraga Panjat Tebing Sulsel terus mempersiapkan atlitnya untuk menghadapi PON XX di Papua mendatang, Jumat (11/12).

Adapun nomor pertandingan untuk panjat tebing yang dipersiapkan yakni, Lead, boulder, speed wear, combine, dan speed mix.

Untuk Panjat tebing sendiri, tim pelatih menyiapkan 2 atlit, putra dan putri, yakni Syahrul Ramadan dan Alivani Ver Khadijah.

Menurut Tim Pelatih Panjat Tebing, yang juga Sekretaris FPTI Sulsel ini, Ahmad Lubis mengatakan untuk Program latihan atlit panjat tebing dipersiapkan jadwal untuk fase persiapan umum dan persiapan khusus.

Sedangkan untuk persiapan menghadapi PON XX mendatang, tim pelatih menyiapkan program sirkuit training untuk meningkatkan kekuatan, daya tahan, kecepatan, dan flexibility.

Cabang Olahraga Panjat Tebing siapkan 2 atlit terbaiknya menghadapi PON XX di Papua

Sementara untuk waktu latihan rutin, enam kali selama sepekan, yaitu 4 kali latihan teknik dan 3 kali latihan fisik.

“Untuk persiapan umum itu kita persiapkan latihan kekuatan fisik dan aerobiknya, sedangkan untuk persiapan khusus, akan diberikan materi kecepatan dan daya tahan atlit,” jelasnya.

Ditempat terpisah, tim monitoring dan evaluasi untuk cabor Panjat tebing, Rachmad Kasmad, mengungkapkan, untuk melakukan persiapan umum, tim pelatih terkendala di tempat latihan seperti wall indoor yang memadai, termasuk untuk melatih fisik atlit.

“Saat ini, latihan kendalanya di cuaca, dimana tidak adanya wall indoor untuk menggelar latihan fisik para atlit”, ungkapnya.(*)