Bupati Pinrang beri Bantuan kepada Petani untuk Pemeliharaan Irigasi

15

Berandasulsel.com – Pinrang, Bupati Pinrang Irwan Hamid menyerahkan bantuan bahan fasilitasi operasi dan pemeliharaan Daerah Irigasi IPDMIP Dinas PSDA Pinrang kepada Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dan Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A), di Aula Kantor Dinas Pertanian dan Hortikultura Pinrang, Selasa (26/1).

Integreted Participatory Development Management of Irrigation Program (IPDMIP) merupakan Program pengembangan dan pengelolaan irigasi secara terpadu dari Loan ADB dan AIf

Didampingi Kadis PSDA M. Jenal, Kadis Pertanian dan Hortikultura Andi Tjalo Kerrang dan Kadis PUPR Awaluddin Maramat.

Kabid Bina Manfaat Dinas PSDA Pinrang Muh. Husni Nakka mengungkapkan bahwa bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi P3A / GP3A dalam pemeliharaan di daerah Irigasinya masing-masing. Bantuan ini lanjutnya, berupa mesin pemotong rumput, mesin Chainsaw, parang, sabit, garpu sampah, cat dan bantuan lainnya.

“Bantuan ini ditujukan untuk meningkatkan partisipasi P3A GP3A, untuk pemeliharaan irigasi,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Irwan Hamid berharap Bantuan ini dapat memperpanjang usia jaringan irigasi pada penerima bantuan yang tergabung dalam P3A dan GP3A di Kabupaten Pinrang, sehingga kebutuhan air irigasi untuk pertanian dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Bupati juga berharap dengan bantuan operasi jaringan irigasi ini, pertumbuhan tanaman petani dapat menghasilkan produksi maksimal.

“Kebutuhan air irigasi untuk pertanian dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien untuk pertanian,” kata Irwan.(*)