BMKG Wilayah IV Makassar, Sulsel Di Guyur Hujan November Nanti

    Sumber :BMKG Wil IV Makassar

    Berandasulsel.com – Makassar, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar memprediksi Sulawesi Selatan akan diguyur hujan pada November 2019 mendatang. Meski demikian, hujan diprediksi akan turun pada beberapa daerah dengan intensitas ringan dalam beberapa hari ke depan. Daerah tersebut antara lain, Sengkang, Watansoppeng, Watampone, Sinjai, Sidenreng, Maros, Barru, Masamba, Palopo, dan Enrekang.

    “Musim hujan diprakirakan terjadi sebagian besar November 2019 di daerah Sulawesi Selatan bagian barat dan selatan. Puncak musim hujan diprakirakan pada bulan Januari 2020 untuk Sulawesi Selatan bagian Barat dan Mei-Juni untuk Sulawesi Selatan bagian Timur,” ungkap Kepala Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan

    Wilayah Sulsel tidak bersamaan masuk musim hujan. Dimulai dari wilayah Timur seperti Pinrang, Wajo, Sidrap, Soppeng, Bone, Sinjai), Utara (Luwu, Enrekang, Masamba, Toraja), Selatan (Bulukumba, Selayar, Jeneponto, Takalar), baru Barat (Makassar, Maros, Pangkep, Parepare). Meskipun tak merata hingga pada puncaknya akhir Desember,” tambah Darmawan.

    Data dari Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar, ada 4 wilayah di Sulawesi Selatan yang memiliki zona musim yang spesial. Dimana ia tidak masuk pada Zona musim (ZOM) atau Non ZOM. Empat wilayah ini adalah Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Toraja Utara yang keempat wilayah ini tidak terkena musim kemarau atau pun musim hujan.

    Meski musim kemarau, ketinggian gelombang di Selat Makassar dalam ketegori moderat (1,25-2,5 meter). Ketinggian gelombang tersebut akibat pergerakan angin yang cukup kencang, yakni 10 hingga 30 kilometer per jam.

    Sementara itu, pada musim kemarau saat ini, potensi kebakaran lahan sangat besar. Hampir semua tanaman yang tidak mendapatkan perawatan akan mengering, utamanya tanaman jenis alang-alang. Percikan api kecil bisa menjadi pemicu kebakaran. (red)