ACT dan DP3A Sulsel Peduli Korban Rusuh Wamena

Berandasulsel.com – Makassar, Untuk meringankan beban para korban tragedi kemanusiaan di Wamena, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Sulsel, ikut dalam penyambutan para pengungsi dari Wamena. Sedikitnya 98 orang pengungsi telah tiba di Bandara Hasanuddin, pada Minggu (6/10) via Garuda setelah menempuh 4 jam penerbangan.

Para pengungsi yang didominasi perempuan dan anak-anak ini, selain dari DP3 Sulsel, ACT (Aksi Cepat Tanggap) Indonesia ikut dalam penjemputan tersebut. Sedangkan biaya ditanggung seluruhnya oleh ACT.

Kepala Dinas DP3A Sulsel, Andi Ilham Gasaling, mengatakan bahwa kerja kemanusiaan untuk meringankan beban para korban tragedi kemanusiaan Wamena adalah skala prioritas bagi DP3A Sulsel. Selama prosesi pemulangan korban pengungsi, beberapa staf harus standby di Bandara Hasanuddin dan juga di Pelabuhan Makassar, meskipun hari libur.

“Rombongan yang lebih besar akan tiba di Makassar via kapal laut. Kita sedang mematangkan kesiapan penyambutan untuk saudara-saudara kita itu. Perempuan dan anak-anak menjadi prioritas pendampingan DP3A, karena potensi traumatiknya jauh lebih besar,” ujar Andi Ilham.

Sementara rombongan yang tiba hari ini hampir semuanya telah diberangkatkan menuju daerah asal.